Umum


Apakah m-Bayar itu?

m-Bayar adalah sebuah layanan uang elektronik, berfungsi menampung uang Anda dalam bentuk digital dan dapat Anda gunakan untuk melakukan pembelian dan pembayaran di aplikasi smartphone m-Bayar maupun untuk berbelanja di berbagai merchant online yang telah bergabung sebagai mitra m-Bayar.


Apakah manfaat dari layanan m-Bayar?


  • Anda dapat melakukan pembayaran di aplikasi m-Bayar dan merchant online mitra m-Bayar dengan menggunakan akun m-Bayar, meskipun Anda tidak memiliki kartu kredit maupun debit.
  • Anda dapat melakukan pembelian berbagai produk prepaid dan pembayaran produk postpaid dengan harga yang kompetitif.
  • Anda memperoleh fleksibilitas dalam mengakses akun m-Bayar milik Anda melalui aplikasi berbasis smartphone (Android dan iOS).
  • Anda dapat mengendalikan rencana belanja online Anda dengan mengalokasikan dana Anda di akun m-Bayar.
  • Anda dapat mengakses rekaman seluruh Transaksi online Anda yang dilakukan menggunakan akun m-Bayar kapan saja melalui aplikasi m-Bayar.

  • Apakah layanan m-Bayar aman?

    Layanan m-Bayar aman, karena:

  • Semua komunikasi antara m-Bayar dan merchant online m-Bayar serta proses Transaksi yang terjadi di dalamnya diamankan dengan merujuk kepada standar keamanan tinggi yang diterapkan oleh regulator industri terkait.
  • Setiap Transaksi finansial yang dilakukan dengan akun m-Bayar harus diverifikasi menggunakan PIN (pada aplikasi smartphone).

  • Apa saja jenis akun di layanan m-Bayar?

    Layanan m-Bayar menawarkan dua jenis akun kepada para Nasabah, yaitu Reguler dan Premium. Nasabah dari masing-masing jenis akun disebut sebagai Nasabah Reguler dan Nasabah Premium.

    Apa perbedaan antara Nasabah Reguler dan Nasabah Premium?

    Perbedaan utama antara Nasabah Reguler dan Nasabah Premium mengikuti peraturan Bank Indonesia tentang uang elektronik adalah:

  • Nasabah Premium wajib melewati proses verifikasi identitas individu oleh m-Bayar sesuai dengan ketentuan peraturan Bank Indonesia tentang uang elektronik pada saat pendaftaran. Sedangkan Nasabah Reguler dapat mendaftar akun m-Bayar melalui aplikasi m-Bayar tanpa diwajibkan melewati proses verifikasi identitias individu oleh m-Bayar.
  • Nasabah Premium dapat memiliki batas maksimal saldo di akun m-Bayar hingga sebesar Rp 10.000.000 sedangkan Nasabah Reguler hanya dapat memiliki batas maksimal saldo di akun m-Bayar sebesar Rp 2.000.000.
  • Nasabah Premium dapat menggunakan fitur transfer saldo, baik ke akun m-Bayar lain maupun ke rekening bank, sedangkan Nasabah Reguler tidak dapat menggunakan fitur tersebut.

  • Pendaftaran


    Berapa biaya pendaftaran akun m-Bayar?

    Tidak ada biaya yang dikenakan oleh m-Bayar untuk setiap pendaftaran akun, termasuk Premium.


    Bagaimana cara mendaftar sebagai Nasabah Reguler?

    Anda dapat mendaftar akun m-Bayar jenis Reguler di aplikasi smartphone m-Bayar.

  • Aplikasi smartphone m-Bayar yang saat ini tersedia berbasis Andorid dan iOS yang dapat akses melalui Google Play dan Apple Store. Setelah instalasi aplikasi m-Bayar berhasil, masuk ke layar pendaftaran dengan mengikuti tombol “Daftar Akun”.

  • Bagaimana cara mendaftar sebagai Nasabah Premium?

    Anda dapat mendaftar untuk akun Premium dengan melakukan pendaftaran langsung di kantor E2Pay dan membawa tanda identitas diri yang sah seperti KTP, SIM atau Passport.

    m-Bayar-ID


    Apakah m-Bayar ID itu?

    m-Bayar ID adalah sebuah nomor identitas unik yang mengidentifikasi setiap akun m-Bayar. m-Bayar ID berbentuk nomor seluler yang Anda cantumkan saat pendaftaran layanan m-Bayar.

    Apa yang terjadi dengan m-Bayar ID jika saya mengganti nomor seluler?

    Jika Anda tidak lagi menggunakan nomor seluler yang dicantumkan saat pendaftaran, segera lakukan perubahan data nomor seluler pada akun m-Bayar milik Anda.
    m-Bayar ID akun Anda akan berubah secara otomatis setelah Anda melakukan perubahan data nomor seluler pada akun m-Bayar milik Anda.

    Mengapa m-Bayar ID akun saya harus sama dengan nomor seluler yang saya gunakan?

    Layanan m-Bayar melakukan verifikasi pada setiap Transaksi yang sensitif dengan mengirimkan m-Bayar OTP (One Time Password) melalui SMS ke nomor seluler yang ditunjukkan oleh m-Bayar ID akun yang bersangkutan.
    Jika nomor seluler yang ditunjukkan oleh m-Bayar ID bukan merupakan nomor seluler milik Anda, proses verifikasi m-Bayar OTP akan gagal.

    Bagaimana jika saya ingin mencantumkan nomor seluler milik saya yang diketahui masih terdaftar sebagai m-Bayar ID akun lain?

    Operator seluler memiliki wewenang untuk melakukan daur-ulang dan menjual kembali nomor seluler yang sudah lama tidak aktif.
    Jika Anda membeli nomor seluler yang sebelumnya pernah didaftarkan oleh Nasabah lain pada sebuah akun m-Bayar yang belum ditutup, silahkan datang ke kantor layanan kami (lihat pada halaman Hubungi Kami) dengan membawa identitas diri dan bukti kepemilikan nomor seluler tersebut.

    Apakah m-Bayar Top-Up ID itu?

    m-Bayar Top-Up ID adalah nomor identitas unik pada setiap akun m-Bayar yang dapat digunakan sebagai nomor rekening tujuan apabila Nasabah m-Bayar melakukan pengisian saldo (Top-Up).

    Dimana saya dapat mengetahui m-Bayar Top-Up ID akun saya?

    Anda dapat menemukan m-Bayar Top-Up ID pada dashboard aplikasi akun m-Bayar. Anda juga dapat menemukan m-Bayar Top-Up ID pada halaman petunjuk top-up/penambahan ulang di aplikasi smartphone.

    PIN, OTP dan Password m-Bayar


    Apakah m-Bayar PIN itu?

    m-Bayar PIN merupakan fitur keamanan m-Bayar berupa kombinasi angka 6-digit yang ditentukan oleh Nasabah pada saat pendaftaran akun m-Bayar. m-Bayar PIN dipergunakan berulang kali untuk setiap Transaksi finansial.

    Apakah m-Bayar OTP (One Time Password) itu?

    m-Bayar OTP merupakan bagian dari fitur keamanan m-Bayar berupa kombinasi angka 6-digit yang diciptakan secara acak dan dikirimkan melalui SMS ke nomor seluler yang tercantum pada akun m-Bayar yang bersangkutan. m-Bayar OTP hanya dipergunakan satu kali untuk Transaksi tertentu.

    Apa fungsi m-Bayar PIN dan m-Bayar OTP?

    m-Bayar PIN digunakan untuk melakukan beberapa aktivitas berikut:

  • Verifikasi Nasabah pada saat melakukan Transaksi finansial di aplikasi smartphone m-Bayar.
  • Verifikasi Nasabah pada beberapa aktivitas lain berkaitan dengan keamanan di aplikasi smartphone m-Bayar.
  • Sedangkan m-Bayar OTP berfungsi untuk melengkapi m-Bayar PIN dalam melindungi akun m-Bayar melalui aktivitas berikut:

  • Verifikasi Nasabah pada beberapa aktivitas lain berkaitan dengan keamanan di aplikasi smartphone m-Bayar.

  • Apakah Password di Aplikasi Smartphone m-Bayar itu?

    Password di aplikasi smartphone m-Bayar merupakan fitur keamanan tambahan di akun m-Bayar yang berfungsi untuk melakukan otentikasi Nasabah pada saat mengakses akun (login) di aplikasi tersebut.

    Bagaimana jika saya lupa m-Bayar PIN akun saya?

    Anda dapat melakukan prosedur penyetelan ulang m-Bayar PIN melalui menu Lupa PIN yang tersedia di halaman login aplikasi m-Bayar.

    Transaksi Finansial


    Apa saja yang tercakup dalam layanan finansial?

  • Menambah saldo akun m-Bayar.
  • Membeli produk prepaid seperti voucher pulsa seluler.
  • Membayar tagihan produk postpaid seperti tagihan telepon.
  • Membayar pembelanjaan e-commerce di Merchant Online Mitra m-Bayar.
  • Mengirim uang ke sesama Nasabah m-Bayar (hanya untuk Nasabah Premium).
  • Menerima uang dari sesama Nasabah m-Bayar.
  • Mengirim uang ke rekening bank (hanya untuk Nasabah Premium).

  • Bagaimana cara melakukan top-up saldo pada akun saya?

    Petunjuk cara melakukan top-up saldo akun m-Bayar tersedia pada menu di aplikasi smartphone m-Bayar.

    Adakah biaya untuk melakukan top-up saldo?

    Apabila Anda melakukan top-up saldo melalui transfer dari rekening bank, akan dikenakan biaya transfer oleh jaringan bank/ATM yang digunakan sebesar biaya yang berlaku saat itu.

    Adakah batasan nominal top-up saldo yang bisa dilakukan?

    Nasabah Reguler memiliki batas maksimal top-up sebesar Rp 2.000.000 dikurangi sisa saldo di akun yang bersangkutan, serta tidak melebihi batas total transaksi top-up sebesar Rp 20.000.000 pada bulan yang sedang berjalan.
    Nasabah Premium memiliki batas maksimal top-up sebesar Rp 10.000.000 dikurangi sisa saldo di akun yang bersangkutan, serta tidak melebihi batas total transaksi top-up sebesar Rp 20.000.000 pada bulan yang sedang berjalan.

    Bagaimana mengetahui batas maksimal nominal top-up saldo yang saat ini berlaku?

    Ketika Anda mengakses halaman petunjuk top-up, aplikasi m-Bayar akan memperlihatkan batas maksimal top-up saldo yang bisa dilakukan. Nominal yang diperlihatkan oleh aplikasi telah dihitung terhadap batas maksimal saldo yang diperbolehkan maupun terhadap batas maksimal top-up saldo pada bulan yang sedang berjalan.

    Apa yang terjadi jika top-up saldo saya melebihi batas maksimal yang telah ditentukan?

    Jika Anda melakukan top-up saldo dan nominal top-up tersebut mengakibatkan saldo melebihi dari batas maksimum yang diperbolehkan, maka proses top-up tersebut akan ditolak.


    Apakah ada batasan Transaksi dalam akun m-Bayar?

    Batas minimum:

  • Batas minimum nominal Transaksi untuk transfer antar akun m-Bayar adalah sebesar Rp 5.000. Sedangkan untuk transfer ke rekening bank adalah sebesar Rp 10.000.
  • Tidak ada batas minimum nominal Transaksi untuk Transaksi pembayaran belanja e-commerce.
  • Tidak ada batas minimum nominal Transaksi untuk pembelian produk prepaid maupun pembayaran produk postpaid.
  • Batas maksimum:

  • Batas maksimum nominal untuk semua jenis Transaksi adalah sebesar batas maksimal saldo dari masing-masing akun berdasarkan jenisnya.
  • Apakah ada batasan masa berlaku dari saldo di akun m-Bayar?

    Akun m-Bayar tidak memiliki batasan masa berlaku, baik untuk akun maupun saldo di dalamnya.

    Apa yang terjadi jika nomor seluler yang tercantum sebagai m-Bayar ID akun saya diklaim oleh pihak lain?

    Jika pihak lain dapat memberikan bukti kepemilikan nomor seluler yang saat ini aktif, maka berikut penyebab yang mungkin terjadi:

  • Nomor seluler tersebut telah melalui proses daur-ulang oleh operator seluler yang bersangkutan.
  • Anda telah berganti nomor seluler dan tidak melakukan perubahan data nomor seluler pada akun m-Bayar milik Anda.
  • Apabila hal ini terjadi, Customer Service kami akan menutup akun m-Bayar Anda sekaligus mengirimkan notifikasi melalui email ke alamat email yang tercantum pada akun m-Bayar Anda.
    Jika akun m-Bayar milik Anda masih memiliki sisa saldo yang bisa dicairkan, maka Customer Service kami akan meminta data rekening tujuan pencairan sisa saldo akun m-Bayar bersamaan dengan email notifikasi penutupan.